Imigran Asal Rohingya Geruduk Kantor DPRD Sulsel

Makassar, Indoleaders.com – Puluhan Warga Negara Asing (WNA) gabungan Imigran asal Rohingya menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo Kota Makassar, Selasa, (11/08/2020).

Kelompok imigran itu didampingi perwakilan ormas Muhamdiyah Sulsel dan Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Sulsel yang pimpin langsung Ustadz Muchtar Dg. Lau.

Kordinator lapangan, Nur Islam yang merupakan WNA Myanmar mengungkapkan, pihaknya mewakili imigran lainnya meminta kepada DPRD Sulsel untuk mendesak UNCHR dan IOM Makassar untuk segera menegirim imigran yang ada di Indonesia, Sulawesi Selatan ke negara tujuan masing-masing.

“Banyak saudara kami yang terlantung-lantung dan sakit, kami minta kepada pihak DPRD Sulsel untuk medesak UNHCR dan IOM Makassar untuk segera memulangkan dan memenuhi apa yang menjadi tuntutan kami,” kata Nur Islam saat menggelar aksi di depan Kantor DPRD Provinsi Sulsel.

Pengunjuk rasa diterima oleh John Rende Mangontan, Komisi D dari Fraksi Golkar. Ia mengungkapkan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas penyampaian aspirasi yang telah disampaikan. Intinya lanjut John, disini bagaimana caranya agar demonstran mendapatkan hak dan mencapai tujuan hingga bisa kembali ke negaranya masing-masing.

“Tentu kita akan tindak lanjuti dan menyampaikan aspirasi teman-teman ke pimpinan, negara kita negara hukum, harus mematuhi aturan yang ada,” kata John Rende Mangontan saat menerima demonstran.

Ia menambahkan, pihaknya juga ikut prihatin kepada imigran yang saat ini keadaannya sangat memprihatinkan. Kepada perwakilan kata John, nantinya tetap berkoordinasi dengan pihak DPRD Sulsel untuk mengawal perkembangannya.

“Perwakilan demonstran, tetap berkoordinasi dengan kami untuk mengawal perkembangannya,” jelasnya.

Usai penerimaan aspirasi oleh Komisi D dari Fraksi Golkar, perwakilan demonstran yang diwakili oleh Ustadz Muchtar Dg. Lau menyerahkan pernyataan sikap imigran untuk diteruskan ke pimpinan DPRD Sulsel.