Dibayangi Krisis Eknomi, Panglima TNI Minta Prajurit Jaga Upaya Ketahanan Pangan

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Indoleaders.com – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menghimbau agar upaya ketahanan pangan terus dijaga untuk mengantisipasi krisis ekonomi yang bisa saja terjadi. Hal itu disampaikan Hadi pada keterangan tertulisnya pada Sabtu (18/7/2020).

Menurut Marsekal Hadi, prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) TNI kini tengah berada di bawah bayang-bayang krisis ekonomi.

“Di samping menghadapi krisis kesehatan, prajurit dan ASN TNI juga berada di bawah bayang-bayang krisis ekonomi. Oleh karena itu, harus terus memperkuat kerja sama lintas sektoral,” ungkap Hadi.

Hadi menambahkan, kunci dalam menghadapi kondisi sulit seperti saat ini yaitu dengan tetap menjaga kediisiplinan melaksanakan protokol kesehatan, serta kreatifitas dalam pemanfaatan teknologi sederhana.

“Yakinkan pula kreatifitas anggota memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan turut disosialisaskan kepada masyarakat di sekitar. Prajurit dan PNS TNI dapat dengan mudah mengakses teknik-teknik penanaman tanaman pangan maupun peternakan dan perikanan di dunia maya,” jelas dia.

Salin itu, dia juga menyampaikan, saat ini TNI dan Polri beserta komponen bangsa lainnya tengah melakukan upaya luar biasa untuk menurunkan angka penularan Covid-19 di delapan provinsi prioritas. Provinsi-provinsi tersebut yang dimaksud adalah Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Untuk itu, Hadi menenkankan agar keluarga besar TNI harus menyampaikan informasi yang benar terkait pandemi kepada masyarakat di lingkungan sekitar. Panglima TNI menuturkan, jangan sampai hoaks di media sosial menjadi penghambat upaya untuk mengendalikan pandemi.

“Masyakarat tidak boleh beranggapan dengan berakhirnya PSBB sama dengan berakhirnya pandemi,” katanya.