Kapolri dan Panglima TNI Pimpin Panen Raya Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional

Indoleaders.com – Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menggelar panen raya serentak dan penebaran benih serta peluncuran program Kampung Tangguh Nusantara di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020).

Kegiatan ini merupakan wujud peran serta TNI/Polri dalam mendukung program ketahanan pangan nasional.

Menurut Marsekal Hadi Tjahjanto, pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi warga yang harus selalu dipenuhi setiap saat.

“Pangan adalah kebutuhan dasar dan salah satu hak asasi manusia (HAM), sebab pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa,” terang Hadi

“Ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya, dapat menciptakan ketidakstabilan ekonomi,” tuturnya.

Kegiatan yang mengusung tema, ‘masyarakat produktif wujudkan ketahanan pangan’, ini juga diikuti para Kapolda, Pangdam, dan gubernur di seluruh Indonesia melalui sambungan virtual zoom (online).

Kegiatan panen raya ini juga memperlihatkan kekompakan Panglima TNI dan Kapolri mengangkat ikan nila dari dalam tambak menggunakan jaring penangkap ikan secara berasama-sama.

Panglima Hadi menyampaikan, sinergitas TNI/Polri yang kian kompak ini diharapkan dapat menjadi pendorong semakin kuatnya ketahanan masyarakat khususnya dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz melalui Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto selaku penanggungjawab kegiatan, mengatakan bahwa ketahanan pangan merupakan solusi untuk mengantisipasi bahaya krisis pangan yang dilontarkan oleh FAO.

“Ini juga sebagai upaya untuk menebarkan semangat hidup produktif di tengah-tengah masyarakat,” kata Agus.